5 Cara Menidurkan Bayi Tanpa Harus Digendong Atau Diayun

Ketika hendak menidurkan bayi, apa yang anda lakukan? Menggendong atau mengayun? Ya, cara menidurkan bayi seperti ini memang yang paling sering dilakukan oleh banyak orang khususnya orang tua. Memang tidak ada yang salah dengan cara ini, namun tahukah anda jika hendak menidurkan bayi dengan cara digendong atau diayun memiliki kelemahan. Setidaknya bayi jadi terbiasa dengan gendongan sehingga ketika bepergian otomatis harus membawa serta gendongan atau ayunan.

Cara Mendiurkan Bayi

Apabila bayi anda mulai terbiasa dengan gendongan dan anda ingin mencoba melepaskan kebiasaan tersebut ketika menidurkannya, anda bisa mencoba untuk menerapkan beberapa cara berikut ini:

1.       Jangan Langsung Digendong

Menghilangkan kebiasaan menggendong bayi saat hendak menidurkannya memang gampang-gampang susah namun bukan berarti tidak bisa. Anda bisa mencobanya dengan perlahan-lahan misalnya saat bayi tidur di malam hari kemudian ia terbangun, hindari untuk langsung menggendong, cobalah untuk membiarkannya sejenak hingga ia tertidur sendiri. Apabila tidak berhasil, susui bayi sambil memeluk dan mengusap kepalanya dengan lembut. Anda juga bisa sembari menepuk pantatnya secara perlahan agar ia tertidur kembali tanpa harus digendong.

2.       Temani Hingga Lelap

Hampir rata-rata bayi merasa nyaman dalam dekapan ibunya. Bayi berusia 4 bulan ke atas sudah mulai bisa mengenali ibunya sehingga dalam berbagai kondisi, pelukan seorang ibu adalah cara ampuh untuk membuat bayi merasa nyaman, misalnya pada saat kondisi sakit ataupun hendak tidur. Para bunda dapat mencoba mengurangi kebiasaan menggendong bayi untuk membuatnya tidur dengan cara menemaninya hingga ia terlelap dan pulas. Seiring bertambahnya usia bayi, keinginan untuk berada dekat dengan sang ibu juga semakin tinggi, oleh karena itu untuk bayi yang masih minum ASI, ada baiknya memberikan ASI langsung kepada bayi. Biasanya, bayi akan senang berlama-lama mengisap puting ibu hingga ia tertidur. Hal demikian tentu dapat diterapkan juga sebagai cara menidurkan bayi tanpa tergantung dengan adanya gendongan.

3.       Perdengarkan Suara

Cara lainnya agar bayi dapat tidur tanpa harus digendong adalah dengan memperdengarkan suara yang memiliki ritme teratur atau bisa juga berupa musik beralunan lembut serta menenangkan. Ulangi memutar suara tersebut ketika bayi sudah menunjukkan tanda-tanda mengantuk. Sebuah suara beritme teratur yang diperdengarkan pada bayi akan membuat rileks dan tenang hingga menghanyutkannya dan menimbulkan rasa kantuk.

4.       Hindari Menatap Matanya

Saat bayi terjaga dalam tidurnya atau ketika hendak menidurkannya, hindari untuk menatap mata bayi. Menurut Claire Lerner yang merupakan Director of Parent Education mengatakan bahwa tatapan kepada mata bayi justru akan menstimulasinya agar tetap terjaga. Hindari pula untuk mengajaknya bercanda saat bayi terbangun ditengah tidurnya.

5.       Bedong

Untuk bayi usia 3 bulan ke bawah, masih sering mengalami reflek kejut karena pendengarannya memang telah berfungsi dengan baik sejak dalam kandungan. Agar bayi tidak mudah terbangun saat sedang tidur, cobalah untuk membedongnya. Bedong tidak hanya berfungsi untuk mengurangi reflek kejut pada bayi tetapi juga dapat membuatnya merasa hangat, selain itu memudahkan mengangkat bayi dan menegakkan tubuhnya guna menurunkan air susu yang diminum ke dalam lambung. Menegakkan tubuh bayi sesaat usai menyusuinya sangat penting guna mencegah bayi sering muntah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *