Cara Melakukan Pertolongan Pertama Pada Luka Luar Ringan

Apakah Anda pernah mengalami kecelakaan kecil ketika sedang melakukan aktivitas di dalam rumah? Ya, melakukan aktivitas di dalam rumah yang notabenenya aman ternyata tidak sepenuhnya aman. Potensi untuk terjadinya kecelakaan kecil pun selalu mengintai diri Anda maupun keluarga. Oleh karena itu, mempersiapkan diri dengan menyiapkan kotak pertolongan pertama sangat penting.

Salah satunya adalah dengan menyiapkan obat luka tidak lengket di kasa. Kenapa? Karena kebanyakan luka ringan adalah luka terbuka, meskipun itu kecil namun tetap perlu di tutup agar tidak menyebabkan infeksi. Obat luka yang tidak lengket di kasa akan membuat proses penutupan luka menjadi lebih cepat dan tidak menimbulkan rasa sakit saat kasa di ganti baru.

Jenis Luka Terbuka Ringan dan Penanganannya.

  1. Luka Jari Terpotong Pisau

Luka jari terpotong pisau memang sering terjadi, terutama pada ibu-ibu yang sedang melakukan aktivitas dapur dan biasanya disebabkan oleh ketidak hati-hatian. Jari terpotong ini bisa terbuka lebar atau kecil. Cara penanganannya adalah dengan membilas luka dengan air bersih dan memberikan obat luka untuk menghentikan pendarahan dan membalutnya dengan kasa atau plester luka.

  1. Luka Tergores Permukaan Kasar Atau Tajam

Jika luka tergores biasanya terjadi secara tidak sengaja, dan megakibatkan beberapa baretan kecil di daerah yang tergores serta disertai dengan pembengkakan kecil. Untuk luka seperti ini sebenarnya penanganannya cukup mudah, yakni dengan membersihkan luka dengan air mengalir. Berikan obat luka biasa untuk mempercepat pengeringan luka, dan beri kasa bila perlu.

  1. Luka Terjepit

Luka terjepit biasanya memang tidak sampai menimbulkan luka terbuka dan terkadang hanya menimbulkan memar dan warna hitam karena adanya penggumpalan darah. namun untuk kasus terjepit yang parah biasanya juga mengakibatkan luka terbuka. Penanganannya sama dengan penanganan luka terbuka lainnya. Namun luka ini perlu untuk diperiksakan ke dokter.

Luka terjepit memiliki potensi luka parah di bagian jaringan dalam tubuh. Sehingga selain penanganan untuk luka luar, juga harus di periksa ke dokter untuk potensi luka dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *