Harga Busi Motor : Ini Tanda Busi Motor Anda Harus Diganti

Harga busi motor yang beredar di pasaran bisa berbeda-beda. Anda mungkin dapat menemukan harga busi yang lebih murah di dealer resmi, namun bisa jadi harga busi motor nya lebih mahal jika Anda membelinya di bengkel-bengkel tidak resmi. Oleh karena itu, selalu perhatikan tempat Anda membeli busi agar bisa mendapat busi kualitas terbaik dengan harga pas.

Harga Busi Motor

Sepeda motor sampai saat ini masih menjadi alat transportasi favorit di kalangan masyarakat. Sepeda motor praktis digunakan kemana-mana dan biayanya juga lebih hemat daripada mobil pribadi. Namun, pengguna motor juga harus berhati-hati dalam merawat sepeda motor mereka. Perawatan yang tepat akan membuat sepeda motor Anda selalu dalam kondisi prima.

Salah satu hal yang penting untuk dilakukan demi menjaga performa motor Anda adalah memperhatikan spare part yang ada. Salah satu contoh spare part yang harus diperhatikan kondisinya adalah busi. Busi motor memiliki ukuran yang kecil namun sangat berpengaruh pada performa sepeda motor. Tanpa busi, maka motor Anda tidak akan bisa dinyalakan.

Mengganti Busi

Harga busi motor yang tidak begitu mahal seharusnya membuat Anda peka untuk terus menggantinya ketika sudah rusak atau tidak layak pakai. Hanya saja seringkali karena malas, akhirnya Anda tidak memperhatikan kondisi busi dan tidak menggantinya padahal sudah tidak layak untuk digunakan. Kalau sudah begini, maka akan merugikan diri Anda sendiri.

Busi motor sama seperti spare part lain yang memiliki masa pakai. Ketika sudah digunakan untuk jangka waktu yang lama, maka busi akan aus dan harus segera diganti. Tapi, bagaimana caranya kita tahu bahwa busi motor kita sudah waktunya diganti? Berikut adalah beberapa ciri busi motor Anda perlu diganti :

  • Sulit Dinyalakan

Busi motor Anda sudah waktunya diganti jika Anda kesulitan menyalakan mesin motor. Busi merupakan spare part yang berfungsi menghasilkan percikan api sehingga mesin motor bisa bekerja. Jika busi rusak, maka Anda tidak akan bisa menggunakan sepeda motor karena mesinnya tidak bisa menyala sehingga harus diganti dulu.

  • Mesin Berebet

Meisn motor Anda tidak menunjukkan performa seperti biasanya. Jika mesin Anda berebet atau tidak langsam, itu artinya busi dalam kondisi yang sudah tidak layak. Anda bisa mencoba menarik tuas gas kemudian merasakan bagaimana tarikan mesin. Jika mesin berebet, maka busi bermasalah dan sebaiknya segera diganti sebelum muncul kerusakan yang lainnya.

  • Akselerasi Tidak Responsif

Saat Anda menarik tuas gas, tentu Anda menginginkan motor Anda melaju dengan lebih cepat. Sayangnya, jika kondisi busi bermasalah maka Anda tidak akan bisa meraskaan kenyamanan berkendara seperti itu. Akselerasi motor menjadi kurang responsif jika busi motor dalam keadaan buruk dan sebaiknya segera diganti.

  • Sudah Menempuh Lebih dari 6000 km

Sebenarnya tidak ada jarak paten yang menunjukkan bahwa busi motor Anda harus segera diganti. Namun, alangkah jauh lebih baik jika busi motor diganti saat Anda sudah menempuh jarak lebih dari 6000 km. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan lain dan hal-hal yang tidak diinginkan pada sepeda motor Anda.

Itulah tadi beberapa ciri yang menunjukkan bahwa busi motor Anda harus segera diganti. Pastikan Anda mengganti busi di tempat yang terpercaya. Jangan langsung tergiur dengan harga busi motor yang murah namun kenali dulu apakah busi tersebur original. Jangan lupa, lakukan servis motor rutin demi menjaga kondisi sepeda motor Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *