Ketahui arti dari UNBK atau Ujian Nasional berbasis Komputer

Meskipun kita sebagai orang awam, pastinya tak ada salahnya jika kita mengetahui sedikit pembahasan mengenai UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer ini. UNBK adalah suatu sistem pelaksanaan ujian Nasional dimana saat ini sudah menggunakan suatu sistem yang namanya komputer sebagai media ujiannya. Mungkin dulu kala Ujian Nasional masih secara tertulis pada sebuah lembaran.

UNBK

Namun seiring dengan adanya perkembangan dalam dunia teknologi, semuanya serba semakin canggih. Sehingga Ujian Nasional pun kini dilaksanakan dengan sistem komputer yang dirasa lebih mudah. Tentunya pelaksanaan UNBK ini berbeda sekali dengan sistem ujian nasional yang masih berbasis kertas. Sekarang ini para penyelenggara UNBK sudah banyak yang menggunakan sistem semi-online. Dimana nantinya soal ujian bakalan dikirimkan dari server pusat secara online melalui sebuah jaringa ke server local yang nantinya ujian siswa bakalan dilayani oleh server local secara offline. Selanjutnya untuk hasil ujiannya ini akan dikirimkan lagi dari server local menuju ke server pusat secara  online.

Setidaknya system UNBK ini semakin memudahkan pelaksanaan ujian nasional. Kini anda tidak lagi mengerjakan ujian nasional pada sebuah kertas yang biasanya dibagikan. Namun kini kecanggihan teknologi membuat anda semakin dimudahkan terlebih untuk guru pendidik. Lantas apa sajakah sebenarnya persyaratan sekolah peserta UNBK ini? Tentunya ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi sebuah sekolahan supaya bisa menerapkan program ujian Nasional berbasis komputer ini. Inilah berbagai macam persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya:

  • Bisa menyediakan sarana komputer dengan spesifikasi yang memadai
  • Sudah menyediakan petugas laboratorium komputer
  • Jaringan internet yang memadai
  • Jaringan area lokal juga sesuai dengan kriteria

Setidaknya dengan memenuhi segala persyaratan yang ada, sekolahan anda bisa menerapkan Ujian Nasional yang berbasis komputer. Hal ini tak hanya bisa membawa suatu perubahan pada sekolah anda namun juga bisa memudahkan dalam proses ujian Nasional.

Biasanya untuk sekolahan yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon penyelenggara UNBK perlu memenuhi berbagai jenis prosedur yang ada. Prosedur ini diberikan supaya ujian Nasional yang akan berlangsung nanti bisa berjalan dengan lancar. Setidaknya tidak ada lagi yang namanya permasalahan saat UNBK dilaksanakan.

Prosedur pendaftaran Sekolah Calon Penyelenggara UNBK

  • Provinsi dan juga kota harusnya membentuk suatu tim UNBK dan nantinya bisa menyampaikan hasilnya ke pusat.
  • Bagian pusat harus memasukkan sebuah data Tim provinsi ke web UNBK dan nantinya perlu menyampaikan username atau bahkan password kepada tim provinsi.
  • Tim dari provinsi nantinya akan memasukkan data tim kota ke web UNBK, dan nantinya menyampaikan username maupun password pada tim kota.
  • Kota pun bakalan mengirimkan sebuah usulan sekolah calon penyelenggara ke pusat melalui propinsi terlebih dahulu.
  • Tim kota pun nantinya perlu memasukkan data calon sekolah yang akan menyelenggarakan UNBK pada sebuah web UNBK.
  • Pihak pusat juga membentuk tim teknis UNBK pusat.
  • Bagian tim teknis kota akan melakukan sebuah verifikasi mengenai kesiapan sekolah.
  • Hasil dari verifikasi tadi nantinya perlu dilaporkan pada pusat dan provinsi.
  • Ketika verifikasi sudah dilakukan dan ditetapkan sebagai penyelenggara UNBK, maka sekolahan pun sudah mampu mengakses web yang tersedia bahkan mengisi formulir pendaftarannya.
  • Sekolah yang telah di tunjuk sebagai penyelenggara UNBK pun sudah isa mencetak formulir yang mana sudah diisi dan juga di upload setelah mendapatkan tanda tangan dari kepala sekolah.

Itulah tadi sedikit pembahasan mengenai UNBK atau ujian nasional berbasis komputer. Kemajuan teknologi nyatanya mampu membawa pengaruh yang cukup besar bagi dunia pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *