Premi Asuransi

Sebelum Gunakan Asuransi Fahami Dulu Soal Premi

Ada banyak jenis asuransi yang sudah mulai dikenal di Indonesia, mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, hari tua sampai yang terbaru yaitu asuransi investasi. Selain segala keunggulannya yang perlu diketahui adalah masalah premi asuransi yang ingin diikuti.

Pada praktiknya, premi asuransi menjadi salah satu komponen yang sangat penting untuk dipahami oleh nasabah karena akan mempengaruhi manfaat yang kita dapat dari produk asuransi yang dibeli. Premi merupakan uang yang dibayarkan kepada pihak perusahaan asuransi sebagai imbalan jasa atas pengalihan risiko serta kerugian yang mungkin akan diderita oleh nasabah atau tertanggung.

Biasanya, jumlah premi yang akan dibayarkan kepada perusahaan asuransi disesuaikan dengan berbagai pertimbangan, seperti kondisi yang bersangkutan. Syarat lainnya juga tentu ada, yang juga disesuaikan dengan aturan pada masing-masing perusahaan. Tapi sebenarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi besaran premi yang ditetapkan dalam asuransi jiwa, antara lain usia ketika nasabah atau tertanggung membeli produk perlindungan. Semakin tua, maka semakin besar pula preminya karena besarnya risiko kesehatan yang menghadang.

Besaran premi bulanan dan jangka waktu pembayarannya akan tergantung pada jenis layanan asuransi apa yang kita ambil. Nah, ini penting diperhatikan agar tidak kalang kabut dalam membayar premi, karena akan sangat berpengaruh pada kondisi keuangan kita. Pembayaran premi berlangsung bertahun-tahun dan akan jadi pos pengeluaran bulanan yang rutin dari anggaran kita. Makanya harus benar-benar diprhitungkan sejak awal, agar produk asuransi yang kita beli tidak mengganggu kestabilan kondisi keuangan.

Penting untuk memilih produk asuransi yang terpercaya dan banyak digunakan oleh masyarakat. Secara tidak langsung, kebesaran namanya juga mengindikasikan kualitas dari produk asuransi yang ditawarkan. Ini juga berhubungan erat dengan premi, lho. Untuk itu, gunakan sebaik-baiknya kesempatan untuk berkonsultasi dan membicarakan besaran premi yang harus dibayarkan kepada perusahaan tersebut.

Yang paling sering terjadi adalah nasabah atau tertanggung kerap tidak mau membicarakan secara detil kondisi keuangannya dan langsung mengambil produk yang dianggap sesuai. Namun di kemudian hari justru muncul masalah ketika kemampuan membayar menjadi sangat rendah atau bahkan terhenti sama sekali.

Memahami tentang premi yang menjadi kewajiban kita tiap bulan itu penting agar tidak muncul klaim sepihak dari tertanggung yang merasa dirugikan. Apalagi sebelum pembelian tentu ada perjanjian yang harus diteliti poin demi poin yang tertera. Beli asuransi jiwa tak segampang beli ikan di pasar, lho. Mari bijak dan pahami produk asuransi yang kita beli.

Ada banyak jenis asuransi jiwa maupun asuransi kesehatan. Ada term life insuranceatau asuransi jiwa berjangka, ada pula yang berbentuk asuransi whole life, juga ada unit link yang menggabungkan fungsi proteksi dan investasi. Asuransi jiwa berjangka kemungkinan menetapkan harga premi lebih murah ketimbang unit link. Ini karena asuransi unit link menuntut pembayaran premi untuk dua fungsi, yaitu proteksi dan investasi. Hal yang sama juga berlaku bila Anda membeli asuransi yang menggabungkan fungsi proteksi sekaligus sebagai tabungan.

Memahami tentang premi yang menjadi kewajiban kita tiap bulan itu penting agar tidak muncul klaim sepihak dari tertanggung yang merasa dirugikan. Apalagi sebelum pembelian tentu ada perjanjian yang harus diteliti poin demi poin yang tertera. Beli asuransi jiwa tak segampang beli ikan di pasar, lho. Mari bijak dan pahami produk asuransi yang kita beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *